Mataram (Lombok Post) – Para pemilik kendaraan bermotor kini bisa membayar pajak lewat ATM Bank NTB. Sistem pembayaran pajak kendaraan secara online atau e-Samsat itu diluncurkan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB, dalam peringatan HUT RI ke-72 di Kantor Gubernur NTB, kemarin (17/8).

Kepadal Bappenda NTB H. Iswandi menjelaskan, e-Samsat merupakan salah satu fasilitas untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor menggunakan ATM Bank NTB. Artinya, warga sudah bisa dilayani 24 jam untuk pembayaran pajak. Pelayanan itu sudah bisa diakses warga sejak diluncurkan, kemarin.

“Jadi program unggulan Bappenda untuk mewujudkan non stop service seduah terwujud,” katanya. Selain itu, dengan e-Samsat bertujuan untuk mendorong masyarakat melakukan transaksi non-tunai. Sehingga wajib pajak akan mendapatkan kemudahan dalam membayar pajak, dan nilai pajak yang akan dibayarkan itu bisa langsung diketahui di dalam mesin ATM.

Saat ini, kerja sama baru dilakukan dengan Bank NTB sebagai bank yang mengelola kas daerah. “Warga cukup membayar pajak lewat ATM Bank NTB,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTB H. Komari Subakir menambahkan, e-Samsat dikembangkan untuk memberikan kemudahan. Pihaknya menyiapkan aplikasi di ATM, sehingga warga tidak perlu membayar dengan uang tunai.