Mataram (Lombok Post) – Agar menjadi bank daerah pilihan, banyak yang dilakukan Bank NTB. bank NTB memang dituntut berperan lebih besar untuk mendukung pembangunan ekonomi di daerah. Salah satunya dengan membantu permodalan bagi pengusaha lokal di NTB.

“Untuk permodalan ini, kami siap selama sesuai kapasitas dan memenuhi syarat,” tegas Direktur Utama Bank NTB Komari Subakir usai silaturahmi dengan Gubernur NTB, pemegang saham, dan pengusaha di Pendopo Gubernur NTB, kemarin (6/2). Ia menuturkan, Bank NTB terus meningkatkan kredit produktif di NTB, Mulai dari sektor mikro yang kaitannya dengan KUR mikro dan KUR Ritel. Selain itu juga produk Lembaga Penyalur Kredit Bergulir (LPDP) hingga corporate terus dikembangkan. “Siapapun pengusaha itu selama memenuhi persyaratan, akan kami bantu,” tegasnya.

Komari mengatakan, kriteria tersebut berperan sebagai kontrol otoritas. Pihaknya akan melayani kebutuhan permodalan pengusaha besar maupun lokal setelah memperkuat modal inti Bank NTB. Hingga akhir 2017 lalu, modal inti Bank NTB mencapai Rp 1,3 triliun. Ia melanjutakan, dengan modal inti kuat Bank NTB akan bisa lebih banyak mengarah pada kredit produktif. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar ekonomi dan bisnis di NTB. Namun tentunya harus diikuti dengan pemenuhan persyaratan yang telah ditentukan. “Sudah ada kriterianya untuk pengajuan modal nanti,” ungkapnya.

Sementara terkait batas maksimal bantuan modal, Komari mengatakan porsi per nasabah cukup besar. Pihaknya sanggup melayani perbantuan modal hingga ratusan miliar rupiah. Ia menambahkan, kesiapan bantuan permodalan menjadi salah satu cara Bank NTB merangkul pengusaha besar maupun lokal.